rss

Sunday, January 3, 2010

Gus Dur Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional


K.H. Abdurrahman Wahid atau yang lebih dikenal Gus Dur, telah berpulang ke rahmatullah pada 30 Desember 2009. Kini setelah Gus Dur dimakamkan banyak kalangan di Tanah Air yang mengusulkannya agar segera ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Republik Indonesia.

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) DPR menyadari bahwa desakan untuk menjadikan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sebagai pahlawan nasional kian menguat, meluas dan merata di semua lapisan dan strata sosial. Sebagai langkah konkret, FPKB pada Senin (4/1/2010) akan mengirimkan surat permohonan kepada Presiden SBY.

"FPKB mengambil langkah konkret dengan mengirimkan surat resmi permohonan pengangkatan Gus Dur sebagai pahlawan kepada Presiden RI pada Senin (4/12/2010)," kata Ketua FPKB Marwan Ja'far kepada detikcom, Minggu (3/1/2010).

Bagi FPKB, Gus Dur sudah sangat memenuhi syarat, baik umum maupun khusus seperti yang diatur dalam pasal 24, 25 dan pasal 26 UU Nomor 20/2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

"FPKB juga mendorong kepada pimpinan DPR dan semua fraksi di DPR, maupun kepada semua pihak untuk melakukan langkah serupa, mengirimkan surat resmi kepada pemerintah yang mengusulkan Gus Dur diberi gelar sebagai pahlawan nasional," imbuh Marwan.

Hanya melalui mekanisme inilah, imbuh Marwan, presiden (pemerintah) akan cukup memiliki data dan alasan secara legal formal untuk segera memproses pemberian gelar pahlawan terhadap guru bangsa, KH Abdurrahman Wahid.


"FPKB mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengusulkan Gus Dur sebagai pahlawan nasional. Juga kepada pemerintah yang telah merespons dengan baik tentang hal ini," pungkas Marwan.









4 komentar:

Willyo Alsyah P. Isman on 23:27 said...

link sobat udh terpasang..silahkan cek..maaf atas keterlambatan ini

Eri Subakti on 00:12 said...

mantap nie....!!

emang gusdur harus dijadikan pahlawan nasional tuh.....

klipang on 10:30 said...

setuju 100% kalo gus dur jadi pahlawan nasional mantabbbb

Membuat Blog on 11:30 said...

Secara pribadi, saya merasa bangga sekali jika akhirnya Gus Dur diberi gelar Pahlawan Nasional. Sekalipun setelah beliau tiada, memang gelar tak berarti apapun bagi yang bersangkutan…, tapi pandangan seorang Gus Dur mengenai perjuangan untuk persatuan&kesatuan Indonesia patut diacungi jempol; bahwa seluruh kalangan, baik mayoritas maupun minoritas, kesemuanya itu adalah bagian dari Indonesia, yang layak untuk diperjuangkan.
Buat Blog

Google Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Law School

Advertisement

Book

Reflection Constitutional Reform 1998-2002


Guest Book


Free Page Rank Tool


 

Friends

Followers

Chicklet